Kantai Collection


Kantai Collection (艦隊これくしょん) atau dikenal sebagai KanColle (艦これ) adalah permainan game online sosial strategi pertarungan kartu populer di Jepang yang dibuat oleh Kadokawa Games. Pemain bertindak sebagai seorang Admiral (提督 teitoku) yang membentuk pasukan yang terdiri dari Kanmusu (Ship Girls) berdasarkan kapal - kapal pada masa Perang Dunia ke II untuk melawan pasukan yang terdiri dari kapal - kapal asing (Unknown Warships). Pertempuran sebagian besar otomatis, dimana pemain biasanya hanya mengatur misi, formasi dan strategi perang serta utilisasi kapal (meliputi pembuatan, perbaikan, pengembangan, suplai, penghancuran, dan sebagainya). Pemain dapat mempunyai hingga 100 kapal, dan dapat ditingkatkan hingga 160 kapal dengan biaya 1000 Yen untuk setiap penambahan 10 slot kapal. Kapal - kapal tersebut dapat dibentuk hingga 4 armada pasukan yang berbeda, dimana setiap 1 armada dapat dibentuk oleh 1 - 6 kapal.

Pemain maju dalam permainan ini dengan cara menyelesaikan peta-peta yang ada, bertarung dengan musuh untuk mendapatkan poin dan naik tingkat, mendapatkan kapal yang baru sambil memperbaiki dan menyelesaikan misi untuk mendapatkan sumber daya. Perlengkapan baru dapat dibuat, sehingga armada kapal dapat melengkapi diri dengan peralatan tergantung situasi. Kapal dapat diperoleh dengan menamatkan peta, misi, atau membuatnya sendiri. Kapal gadis diperoleh secara acak, sehingga membuat gadis kapal sendiri dengan sumber daya yang ada juga termasuk dalam kunci permainan. Konstruksi, memasok dan memperbaiki kapal bergantung pada empat jenis sumber daya, yaitu bahan bakar (fuel), amunisi (ammo), baja (steel) dan bauksit. Sumber daya tersebut akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu, atau pemain dapat menyelesaikan misi atau mengirim kapal untuk melakukan ekspedisi untuk menambah stok sumber daya.

Tipe Kapal

  • Battleship (戦艦): Mempunyai kekuatan dan pertahanan yang kuat, namun membutuhkan sumber daya yang besar.
  • Aircraft carrier (正規空母): Memungkinkan untuk menyerang sebelum pertempuran, waktu perbaikan lama dan pesawatnya membutuhkan bauksit.
  • Light aircraft carrier (軽空母): Konsumsi bahan bakar lebih baik dan mampu menyerang kapal selam, namun pertahanan lebih lemah dari Aircraft Carrier.
  • Seaplane carrier (水上機母艦): Mempunyai kemampuan mendeteksi musuh. Sebagian besar lemah.
  • Heavy cruiser (重巡洋艦): Mampu membuat kerusakan yang signifikan, dan hemat bahan bakar. Memiliki statistik yang lumayan, namun tidak unggul dalam bidang manapun.
  • Light cruiser (軽巡洋艦): Anti-Kapal selam, efektif dalam perang waktu malam. Mempunyai pertahanan yang lemah.
  • Destroyer (駆逐艦): Bagus untuk pertempuran malam, dan memiliki tingkat penggunaan bahan bakar dan perbaikan yang baik.
  • Torpedo cruiser (重雷装巡洋艦): Mampu mengerahkan kapal selam sedang dan torpedo.
  • Submarine (潜水艦): Memiliki darah yang rendah dan melakukan kerusakan terbatas, namun penggunaan sumber daya sangat kecil, dan hanya dapat diserang oleh jenis kapal tertentu.
  • Submarine aircraft carrier (潜水空母): Dapat membawa pesawat terbang laut.
  • Aerial battleship (航空戦艦): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada kapal perang standar, dan menggunakan bauksit lebih sedikit.
  • Aerial cruiser (航空巡洋艦): Melakukan perusakan yang lebih kecil daripada standard cruisers, dan menggunakan bauksit lebih sedikit.
Ciri-ciri dari setiap gadis armada didasarkan pada aspek sejarah kapal mereka, misalnya kapal perang Kongō menggunakan Bahasa Inggris campuran dalam pembicaraannya karena kapal itu dibuat di Inggris, atau kapal induk Akagi digambarkan sebagai penggemar makan dan kapal perusak Jepang Shimakaze digambarkan sebagai seorang gadis cepat dalam karya dan media cetak resmi, karena Akagi mengkonsumsi sejumlah besar bahan bakar dan Shimakaze adalah salah satu kapal perusak tercepat pada Perang Dunia II. Karakter yang mempunyai kemiripan dan hubungan dalam sejarahnya juga mempunyai gambar tampilan atau pakaian yang mirip, dan semua kapal selam mengenakan baju renang. Pengisi suara digunakan untuk menyuarakan armada kapal gadis, dengan maksimal 10 armada kapal gadis disuarakan oleh satu pengisi suara.

Komentar